Senin, 06 Juli 2015

Cegah Aksi Peretasan ~ Prevent Hackers in Action

       Guys, ok, lama saya nggak megang-megang keyboard, gatel banget rasanya . . . Mungkin untuk kali ini dan beberapa waktu ke depan, kita akan membahas tentang yang namanya aksi peretasan. Di dunia ini, nggak ada yang kaga kenal ama yang namanya hacker. Semua orang dari segala kalangan, baik itu dari kalangan orang tua, remaja, bahka anak kecil. Yang lebih mengkhawatirkan, beberapa anak kecil malah berangan-angan ingin menjadi hacker. Apa sih sebenarnya hacker itu ? Mengapa meraka sangat berambisi menjadi seorang yang cenderung tidak memiliki identitas, atau mungkin memiliki identitas tetapi selalu berubah-ubah setiap saat ? Apa istimewanya HACKER ?

       Ok, pertanyaan itu semua akan saya jawab di pertemuan kali ini dan beberapa pertemuan kedepan. Sebenarnya HACKER itu berasal dari kata HACK, yang berarti retas, karena memiliki er di belakang, berarti kata kerja itu ada yang melakukan, dan orang yang melakukan hal-hal kriminalitas di dunia teknologi, tepatnya INTERNET, mereka yang di sebut HACKER . . . Tapi jangan salah dulu, tidak semua hacker itu melakukan tindak kriminal. Hacker terbagi menjadi tiga, ada White Hat, Gray Hat, dan Black Hat.

1. Black Hat

Black = hitam, Hat = topi, jadi peretas bertopi hitam. Pasti kalian mengerti apa makna hitam ini. Ya, BURUK, JAHAT, jadi hacker yang satu inilah yang merugikan. Kata salah seorang, "Sangatlah jelas perbedaan antara si Black Hat dan si White Hat ini. Jika ada kelemahan pada suatu system, maka jika si White Hat mengetahui, ia akan segera memberi tahu pada si empunya system, tetapi jika si Bkack Hat yang mengetahui, maka ia akan dengan segera memanfaatkan kelemahan tersebut." Jadi sudang sangat jelas kan, siapa itu Black Hat ? Jika selama ini ada kerusakan, atau kegagalan system, yang bermain di belakang layar adalah BLACK HAT, dan kita harus brantas makhluk tersebut !

2. Gray Hat

Gray =  Abu-abu, tidak putih, tapi juga bukan hitam, namun cenderung lebih gelap dan condong ke hitam. Spesies yang satu ini yang paling mengkhawatirkan. Suatu saat ia membantu sebuah system, namun jika saatnya tiba, ia akan menguasainya. Terkadang ia menjadi malaikat, tetapi ada kalanya ia menjadi IBLIS, ini semua pasti dikarenakan adanya sebab. Tidak mungkin jadi abu kalau tidak ada panas.

3. White Hat

Ok, yang satu ini saya nggak sabar untuk membahasnya. Ia merupakan makhluk yang sepatutnya dilestarikan. Ia akan menjadi malaikat yang melindungi sebuah system, namun akan menjadi seekor binatang buas yang akan memangsa siapa saja yang mengusik keoptimalan operasi suatu system.

       Jadi sudah jelas kan, apa itu HACKER. Untuk beberapa pertemuan ke depan, saya akan mengajak kalian semua untuk memerangi, membuka kedok hacker, saya akan menulis apa upaya yang bisa di lakukan agar bisa mencegah kelakuan tidak bermoral seorang hacker. Tapi ingat, saya tidak akan segan memberitahu rasanya rugi jika rumah kita dirusak. Maksudnya, jangan kalian salah gunakan pengetahuan dari saya. Saya berharap pengetahuan yang akan saya berikan nanti memberikan manfaat bagi keamanan system INDONESIA, membuat Indonesia semakin maju teknologinya, Ingat satu hal, system tidak akan mati jika tidak diperintahkan, selama  ia tidak kehabisan daya, jadi jangan bernah berpikir anda bisa lari dari system.

       Sekain dulu lah perkenalan deng system, lanjut lagi di pertemuan besok dan saya akan mulai membahas materiya.

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

blog ini belom selesai, jadi jangan ngedumel aja ya :)

Diberdayakan oleh Blogger.

Laman