Kamis, 11 Desember 2014

Cara Mengatasi Windows 8.1 Yang Sering Hang


 Hay agan agan semua, sebelumnya salam kenal dari saya, saya blogger baru dan kurang berpengalaman. Jadi, kalo ada dari saya yang kurang pas, diingatkan saja.

 Langsung aja ke pokok masalah. Dari para pembaca sekalian, pasti udah ada yang merasakan kerennya windows 8, 8.1, bahkan windows 10. Tapi pasti juga sekarang ada yang lagi gondok sama PC atau Laptopnya, soalnya PC ngga merespon sama sekali. Bisa dibilang hang. Hang di sini bukan hang biasa maksud saya. Saya sendiri mengalami. Saat saya menyalakan PC saya, login ke windowsnya sih biasa aja, tapi pas udah sampe start screen, windows ngga merespon mouse yang kita gerakkan, keyboard yang kita pencet, ngeselin dah. Bahkan belom juga sampe ke start screen udah blank. Berdasarkan pengalaman gue, biasanya orang yang mengalami hal seperti itu akan panik. Gue cari di internet, banyak sih cara-caranya, tapi tidak membuahkan hasil. Sampe suatu hari saya menemukan jalan keluar.

 Pertama ketahui dulu masalah yang mungkin menjadi penyebab bermasalahnya PC anda. Masalah-masalah yang mungkin terjadi sebagai berikut, 


  • Terlalu banyak aplikasi atau software di PC anda, otomatis saat PC dinyalakan sudah diberatkan dengan aplikasi tersebut.
  • Terlalu banyak aplikasi atau software security, semisal antivirus. Jadi jangan menginstal antivirus sampai dua sekaligus, bahkan tiga, karena PC sendiri sudah memiliki defender atau aplikasi untuk memprotec dirinya.
  • Terdapat aplikasi atau software yang tidak support dengan PC kita
  • Terdapat aplikasi atau software yang memiliki bobot besar sehingga processor tidak kuat bekerja maksimal.
 Dari permasalahan diatas, kita dapat simpulkan, ada beberapa cara untuk menyembuhkannya, yaitu dengan menguninstal aplikasi atau software yang berbobot besar, yang tidak support, atau jika kita memiliki 2 sekaligus antivirus. Caranya gimana, orang kita baru masuk start screen aja udah error, gimana mau buka yang laen, apalagi meng-uninstal software??? Gini caranya

  • Saat menyalakan PC, saat sudah tampil booting windows, tekan keyboard secara acak, kan tambah error tu, nah kalo udah beberapakali, pasti salah satu booting windows akan tampil dengan kalimat please wait di bawahnya. 
  • Maka akan ada pilihan restart PC, sama pilihan lain disebelah kirinya.
  • Pilih yang sebelah kiri, bukan restart
  • Lalu akan tampil seperti ini
  • Pilih menu trobleshoot, maka akan tampil seperti ini
    • Lalu pilih Start Up Setting, maka akan tampil seperti ini


  • Setelah itu pilih nomor 4 yaitu safe mode
  • Kalau sudah masuk safe mode,tinggal  anda lakukan apa yang ingin anda perbaiki untuk merepair PC anda. Semisal anda ingin menghapus antivirus yang double, merubah settingan PC anda dan yang lain lagi
  • Kalau mau balik lagi ke normal, tinggal direstart aja
     Udah dah gitu aja sih semoga membantu dan bermanfaat, kalau ada yang keliru koment aja...

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

blog ini belom selesai, jadi jangan ngedumel aja ya :)

Diberdayakan oleh Blogger.

Laman